Wednesday 23 November 2016

Viral !! Beberapa Persoalan Nutrisi Didalam Badan Yang Perlu Kita Cegah, Yuk Kenali!

Kebiasaan makan yang sehat sangat penting dilakukan semoga badan memperoleh asupan nutrisi dan zat gizi yang adekuat dan menciptakan kau bisa bekerja secara produktif, juga tidak gampang terjangkit penyakit dan gangguan kesehatan menyerupai obesitas (kegemukan), tekanan darah tinggi, dan kolesterol darah yang tinggi.

Makanan ialah suatu substansi yang kompleks. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam kuliner dan energi yang dihasilkannya sangat penting bagi kesehatan kamu. Jadi, walaupun kau sanggup menikmati kualitas sensual (penampilan, aroma, tekstur, rasa) dari suatu makanan, namun badan kau tergantung pada kualitas dan kuantitas nutrisi/gizi yang terkandung dalam kuliner tersebut.

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kuliner yang kau konsumsi selanjutnya akan diserap masuk ke dalam pemikiran darah dan diedarkan ke seluruh sel badan semoga badan sanggup menjalankan fungisnya dengan baik.

Berdasarkan jumlah (kuantitas) yang diharapkan oleh tubuh, zat-zat gizi dibagi menjadi dua golongan: makronutrien dan mikronutrien.
  • Makronutrien perlu dikonsumsi dalam jumlah besar, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, air dan beberapa jenis mineral.
  • Mikronutrien hanya perlu dikonsumsi dalam jumlah sedikit, terdiri dari vitamin dan mineral.
Masing-masing jenis zat gizi mempunyai fungsi yang unik dan spesifik, dan semuanya saling bekerja sama untuk menunjang kesehatan tubuh.

Image by vemale.com

1. Karbohidrat

Karbohidrat mempunyai fungsi sebagai penghasil energi atau kalori. Terdapat dua jenis karbohidrat: karbohidrat kompleks, dan karbohidrat sederhana. Serat (fiber), ialah karbohidrat janis lainnya, berfungsi membantu pencernaan dan memperlihatkan proteksi terhadap penyakit tertentu. Karena tidak sanggup dicerna maupun diserap oleh tubuh, maka serat tidak digolongkan sebagai nutrisi (zat gizi).

2. Protein

Protein sendiri sangat membantu untuk pembentukan, perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Protein juga mempunyai tugas samping menyerupai penghasil energi atau kalori, jikalau badan kekurangan asupan karbohidrat dan lemak. Protein terdiri dari asam amino (ensensial dan non esensial).

3. Vitamin dan mineral

Vitamin merupakan pemicu terjadinya banyak sekali proses biokimiawi di dalam tubuh. Setiap jenis vitamin mengatur proses yang beragam. Masing-masing jenis vitamin sendiri tidak bisa menganggantikan fungsi vitamin lain. Mineral dan vitamin mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda, sama sebagai proses biokimiawi dalam badan dan masing-masing jenis mineral mempunyai fungsi yang berbeda.

4. Air

Air menjadi salah satu tugas penting didalam tubuh. Bagaimana tidak. Air berfungsi menghantarkan zat gizi dan zat kimia lainnya ke dalam sel-sel badan dan membuang limbah yang dihasilkan untuk dikeluarkan dari tubuh. Air juga membantu mengatur suhu tubuh.

Makanan yang kita konsumsi umumnya sudah mengandung nutrisi, namun adalakalnya asupan nutrisi tersebut tidak seimbang atau tidak mencukupi kebutuh tubuh. Dalam keadaan menyerupai ini, dubutuhkan sumbangan suplementasi, menyerupai komplemen vitamin dan mineral.

Itu ia beberapa hal mengenai dilema nutrisi dan bagaimana badan kita bisa mencukup kualitas dan kuantitas nutiris yang terkandung dalam kuliner tersebut. Untuk warta lebih lanjut mengenai nutrisi dan suplementasi nutrisi, sebaiknya kau berkonsultasi dengan dokter atau jago gizi.