Sunday 8 January 2017

Viral !! Legenda Osiris Dan Isis, Dongeng Perkawinan Sedarah Raja Tuhan Mesir Kuno

Mesir yaitu salah satu negara yang mempunyai peradaban tertua di dunia, orang biasanya menyebutnya dengan legenda Mesir Kuno. Kita semua niscaya pernah baca di dalam buku-buku sejarah kan, bagaimana peradaban Mesir Kuno itu sangat terkenal. Pembaca niscaya tau Pyramid, salah satu dari tujuh keajaiaban dunia yang hingga ketika ini masih berdiri kokoh, menjadi saksi bisu perkembangan dari peradaban Mesir Kuno yang melegenda itu. 

Pembangunan Pyramid aja membutuhkan ribuan tenaga insan pada zamannya, dimana ketika itu teknologi pembangunan dan konstruksi belum semaju kini namun kecanggihan dan kepintaran orang-orang yang membangun Mesir Kuno diakui hingga berabad-abad lamanya, terbukti hingga kini Pyramid masih berdiri kokoh. 

Zaman dulu belum ada konstruksi baja ibarat sekarang, tapi kekuatan konstruksinya teruji sangat kokoh. Walaupun ada beberapa potongan dari Pyramid yang mengalami erosi, tapi Pyramid masih tetap berdiri tegak hingga sekarang. Amazing bukan?

Legenda Mesir Kuno Osiris dan Isis

Ada banyak kisah dan legenda yang mengiringi peradaban Mesir Kuno, diantaranya kisah perihal Fir’aun dan kisah Osiris dan Isis cinta perkawinan sedarah Mesir Kuno. Fir’aun yaitu salah satu dari raja Mesir Kuno yang populer banget soalnya Fir’aun menjadi raja di usianya yang masih sangat muda, namun otoritasnya kuat banget ketika itu. Sampai Fir’aun meninggal pun, mumi nya sangat dicari oleh para sejarawan dan arkeolog hingga di tahun 1926 balasannya makam Fir’aun sanggup dibuka.

 Mesir yaitu salah satu negara yang mempunyai peradaban tertua di dunia Viral !! Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno

Tapi sayangnya, pembukaan makam itu malah membawa musibah buat para arkeolog dan orang-orang yang ikut membongkar makam dimana dari mereka ditemukan meninggal satu per satu. Wah serem juga ya! Peradaban Mesir Kuno sangat populer loh dengan legenda para yang kuasa nya seperi Dewa Ra atau Dewa Matahari dan dewa-dewa yang lain. 

Selain legenda Fir’aun, legenda kisah cinta Osiris dan Isis yaitu kisah yang sanagt populer di Mesir Kuno. Wah, siapa sih diantara kita yang ngga tertarik membahas cinta? Kaprikornus ada kisah cinta apakah dari peradaban tertua di dunia ini?

Namanya Osiris. Osiris dikenal juga sebagai yang kuasa maut. Osiris ini punya banyak nama lain loh ibarat Asar, Asari, Aser, Ausar, Ausir, Wesir, Usir, Usire atau Ausare. Wah banyak juga ya nama lain dari Osisris ini. Dalam legenda Mesir Kuno, Osiris mempunyai kerajaan yang berada di Barat sehingga Osiris dikaitkan dengan Khenti-Amentiu atau Orang yang paling barat.

 Mesir yaitu salah satu negara yang mempunyai peradaban tertua di dunia Viral !! Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno

Osiris digambarkan sebagai sosok berjanggut ibarat Fir’aun yang tubuhnya dibalut ibarat mumi, menggunakan mahkota yang unik dengan dua bulu burung unta di kedua sisinya. Osiris juga digambarkan memegang kait dan cambuk. 

Tugas Osiris sebagai yang kuasa maut yaitu menghakimi jiwa insan berdasarkan pahala yang insan kumpulkan ketika hidup. Menurut legenda, Osiris pertama kali diketahui ketika masa dinasti kelima Mesir. Hal ini diketahui dari Naskah Piramida yang berasal dari kurun waktu dinasti ke lima Mesir. 

Kemudian legenda perihal Osiris ini terus muncul dalam dokumen-dokumen sejarah peradaban selanjutnya ibarat Prasasti Shabka, persaingan antara Horus dan Seth, kemudian dikisahkan oleh Pultarch dan Diodorus Siclussecara naratif. Plutarch dan Diodorus yaitu pujangga Yunani yang mengabadikan kisah Osiris. 

Walaupun dikenal sebagai yang kuasa kematian, Osiris yaitu yang kuasa yang pengasih di alam baka. Osiris disebutkan sebagai yang kuasa yang ngga segan-segan ngasih pengampunan buat jiwa-jiwa insan yang sudah meninggal. Osiris juga diceritakan sebagai yang kuasa yang menunjukkan kehidupan di alam nyata, dimana insan masih hidup, yaitu menumbuhkan tunas tanaman dan banjir tahunan di Sungai Nil sehingga Mesir menjadi tanah yang subur. 

Wah ternyata Osiris ngga semenakutkan yang kita bayangkan ya. Oleh lantaran itu, legenda Mesir Kuno menggambarkan Osiris sebagai “tuan yang penuh cinta”. Osiris pun dijuluki “Ia yang senantiasa terlihat muda belia” atau “Tuan yang diam”. Osiris juga dikaitkan dengan rasi Orion dan Sirius 

Ternyata, Osiris punya kaitan loh dengan para Fir’aun atau raja-raja Mesir Kuno. Osiris dianggap sebagai yang kuasa maut lantaran Osiris berhasil bangun dari maut sehingga Fir’aun-Fir’aun menginginkan nasib yang sama ibarat Osiris dimana mereka ingin bersatu secara spiritual dan punya kehidupan awet sehabis maut melalui peniruan magis. Wah serem juga ya sanggup bangun sehabis mati! 

Nah itulah sebabnya kenapa ketika para Fir’aun ini meninggal mereka di mumikan, lantaran mumi merupakan salah satu proses ritual yang harus dijalani apabila ingin berasimilasi dengan Osiris. Ritual asimilasi tersebut terdiri dari proses pembalseman, mumifikasi, bekal kubur, pemakaman dan lain-lain. 

Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno Osiris dan Isis

 Mesir yaitu salah satu negara yang mempunyai peradaban tertua di dunia Viral !! Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno
Osiris yaitu anak sulung dari yang kuasa bumi berjulukan Geb dan dewi langit berjulukan Nut, dan mempunyai saudara kembar berjulukan Isis. Isis yaitu saudara kembar wanita Osiris yang kemudian menjadi istri Osiris. 

Terdapat versi lain yang menceritakan bagaimana kehidupan Osiris. osiris dalam fragmen Berosus yang merupakan karya Imam Chaldean menceritakan bahwa Osiris yaitu anak angkat Dionysius yang telah mengusir Ham dan Rhea yang meruopakan orang renta orisinil Osiris. 

Dionysius merawat Osiris dengan baik. Osris kemudian menikah dengan Isis, adiknya, dan mereka menjadi raja dan rau Mesir. Dikisahkan Osiris dan Isis yaitu raja dan ratu yang menunaikan kebaikan dan kebajikan. Osiris dan Isis mnegajarui rakyatnya bercocok tanam. 

Kisah cinta Osiris dan Isis berakhir ketika Osiris akan dibunuh oleh Set yang juga yaitu saudar Osiris yang bersekongkol dengan Ratu Etiopia bersama tujuh puluh dua kaki tangannya. Kisah pembunuhan ini diceritakan oleh Pultarch dalam catatan mitologinya. Ada dua versi kisah perihal bagaimana Osiris dibunuh. 

Versi yang pertama yaitu kecerdikan kancil Set yang menyuruh Osiris untuk masuk ke dalam sebuah peti yang kemudian ditutup dan disegel dengan menggunakan timah. Osiris beserta peti tersebut kemudian dihanyutkan ke sungai Nil. Isis yang merupakan istri dari Osiris rupanya yaitu istri yang sangat setia. 

Isis berkelana mencari suaminya dan menemukan peti Osiris tertanam dalam sebuah batang kayu yang merupakan pilar dari istana Byblos di pesisir Fenisia atau ketika ini dikenal dengan Lebanon. Isis berhasil mengeluarkan peti itu dari kayu dan mendapati Osiris telah mati. 

Versi yang kedua menceritakan bahwa Isis ketika menemukan mayit Osiris menggunakan sihir untuk menghidupkan Osiris kembali. Sihir Isis ini merupakan warisan dari ayahnya yang merupakan yang kuasa bumi. Ketika Osiris hidup kembali, Osiris menghamili Isis yang kemudian diberi nama Horus. Sayangnya, hidup Osiris tidak berlangsung lama. Osiris mati kembali dan Isis menguburkannya di gurun.

 Mesir yaitu salah satu negara yang mempunyai peradaban tertua di dunia Viral !! Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno
Sayangnya lagi, niat jahat Set muncul ketika menemukan mayit Osiris. Set kemudian memotong mayit Osiris menjadi empat belas potongan dan disebar ke seluruh negeri. Sebagai istri yang setia kepada sang suami, Isis kembali mencari mayit suaminya dan mengumpulkannya menjadi satu. 

Setelah terkumpul, mayit Osirsi dimakamkan kembali secara lebih layak. Dewa tentu saja kagum dengan pengorbanan Isis yang kemudian menciptakan yang kuasa membangkitkan Osiris kembali dan menobatkannya sebagai yang kuasa alam baka.