Thursday 12 January 2017

Viral !! Kiat-Kiat Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan salah satu atau beberapa jenis narkoba, yang dilakukan secara terpola di luar tujuan pengobatan dan penelitian, tidak hanya sanggup merugikan kesehatan tapi juga mental dan fungsi sosial. Orang yang sudah ketergantungan narkoba tidak sanggup berpikir jernih atau berbuat apa-apa selain dari mengkosumsi barang haram tersebut.

Ketika menginjak remaja, sering kali ingin memuaskan rasa ingin tahu atau coba-coba untuk mencoba sesuatu hal yang berbeda. Termasuk dalam hal mencoba konsumsi narkoba. Namun, apabila sudah ketergantungan akan sulit untuk melepaskannya. Oleh alasannya ialah itu, sampaumur sebagai generasi penerus harapan bangsa harus sanggup menjauhkan diri dari narkoba.

Tetapi, bagaimana cara sampaumur menghindari narkoba dengan baik dan tepat? Berikut beberapa kiat-kiat menghindari penyalahgunaan narkoba.

1. Pererat diri dengan keimanan dan ketaqwaan serta berbuat pekerti luhur

Aktif mengikuti kegiatan keagamaan baik di sekolah, di rumah, maupun dilingkungan masyarakat. Karena hal itu sanggup menciptakan kau menjadi beriman dan bertaqwa. Ketahuilah, bahwa seseorang yang beriman dan bertaqwa ialah seseorang yang tangguh dan niscaya kondusif dari aneka macam kegiatan berbahaya, salah satunya narkoba.

Ketika seseorang mempunyai langsung yang beriman akan menumbuhkan akal pekerti dan sikap yang baik untuk dicontoh dan itu tentu sanggup menjauhi sesuatu yang membahayakan, menempatkan yang benar dan yang salah,berperilaku baik, tidak melanggar hukum yang berlku di rumah, sekolah dan lingkungan masyrakat, dan hormat kepada orang tua.

Image by j-cul.com

2. Menolak bujukan

Tolaklah bujukan teman atau siapapun juga yang mengatakan narkoba walaupun sekedar coba-coba. Jangan takut kehilangan teman apabila dia cenderung mengajak kau untuk melaksanakan hal tak terpuji termasuk menyalahgunakan narkoba. Ingat akhir penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan dan rohani kita, masa depan sekolah kita, ekonomi keluarga, dan masa depan bangsa kita.

3. Belajar dengan tekun

Berprestasi akan mempermudah langkah kita menuju impian masa depan yang gemilang. Jangan biarkan impian di masa depan yang kita harapkan lepas gara-gara narkoba. Karena apabila kita sudah ketergantungan pada narkoba, itu akan menghancurkan impian dan masa depan yang kau idakam. Orang yang kecanduan narkoba tidak sanggup berpikir sehingga tidak sanggup berbuat apa apa. Orang yang kecanduan narkoba cenderung mempunyai sikap kriminal  karena dia mustahil sanggup belajar, bersekolah bahkan bekerja.
4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat

Turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat melalui kelompok pengembangan minat talenta kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini akan menyibukkan kau dari aneka macam kegiatan yang tidak berguna. Lakukan hal-hal aktual yang sanggup mendukung impian kamu, menciptakan besar hati keluarga, meningkatkan keterampilan, menyehatkan badan, dan sebagainya.

5. Membiasakan diri berpola hidup sehat

Membiasakan diri berpola hidup sehat menjadi salah satu demi menghindarkan penyalahgunaan narkoba. Apa yang dimaksud melaksanakan pola hidup sehat menyerupai mulai berdiri pagi, sarapan dengan sajian sehat, ibadah/shalat, pergi bersekolah, lakukan kegiatan ekstrakurikuler, olahraga/bermain, mencar ilmu di rumah, tidak berkeluyuran pada malam hari, tidur dengan teratur dan sebagainya.