Monday 16 January 2017

Viral !! Cahaya Terlalu Terperinci Diketahui Dapat Menciptakan Seseorang Bersin, Benarkah?

Mungkin ini yakni salah satu kebiasaan lucu sekaligus mengherankan. Ada sejumlah hal yang bisa menciptakan seseorang bersin. Diantaranya debu, bulu hewan, bumbu masak yakni merica dan masih banyak lagi. Bahkan udara hirau taacuh pun bisa menjadi pemicu seseorang bersin. Tetapi, bagaimana dengan papaan sinar matahari atau cahaya terang dari lampu dan benda serupanya? Cahaya terlalu terang diketahui bisa menciptakan seseorang bersin, benarkah?

Jawabannya yakni ya. Cahaya terang, baik yang dipaparkan oleh sinar matahari atau yang diekspos melalui sinar lampu sanggup menciptakan seseorang bersin. Seperti dijelaskan Pagon, seorang dokter anak yang menangani pengobatan genetik di Seattle Children Hospital yang menyampaikan bahwa bersin disebabkan oleh paparan cahaya disebut photic sneez reflex (PSR).

Image by wonderopolis.org

Kebiasaan ini bukan hanya disebabkan oleh faktor genetik, melainkan banyaknya jumlah bersin yang dilakukan biasanya juga sama dan turun-temurun. Diketahui bahwa inovasi ini dipecahkan Pagon secara tidak sengaja dikala menghadiri konferensi kesehatan bersama mitra sepekerjaannya.

"Salah satu mitra sepekerjaan saya menyampaikan bahwa orang di keluarganya bersin sebanyak lima kali, di keluargaku sebanyak tiga kali, dan pada orang lain hanya satu kali," ucap Pagon.

Meskipun tampaknya tidak berbahaya, namun orang yang mempunyai kebiasaan ini sebaiknya memperhatikan jenis pekerjaan yang akan mereka geluti. Pasalnya, kondisi ini kerap mengalami kesulitan ketika ,menyetir kendaaran dikala siang hari karena sinar matahari akan membuatnya bersin dan kesannya konsentrasi berkendara terganggu.
Tidak hanya bagi para pengendara tranportasi darat saja, beberapa profesi menyerupai pemain bisbol, atau pemain akrobat dan bahkan seorang pilot bisa jadi tidak cocok untuk orang yang mempunyai kebiasaan ini. Apabila pilot dengan kondisi PSR pun dinilai berbahaya dan memungkinkan kecelakaan terjadi kalau tidak terkontrol dan kendali tidak terpegang meski hanya beberapa detik saja.

Walaupun banyak sekali penelitian sudah dilakukan demi mencari tahu alasan dibalik kepekaan beberapa orang terhadap paparan sinar mantahari atau cahaya teran benderang yang menciptakan mereka bersin, sejauh ini para ilmuwan gres bisa mendapat statistik jumlah orang yang terindentifikasi dengan kondisi tersebut, belum hingga ke tahap inovasi alasan di baliknya.