Monday 12 December 2016

Viral !! Selain Kehamilan, Ini 4 Penyebab Kau Terlambat Tiba Bulan

Bagi setiap wanita, tiba bulan atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang niscaya dialami. Datangnya menstruasi ini terkadang juga tidak selalu di tanggal yang sama setiap bulannya. Terkadang maju dari jadwal, terkadang juga mundur.

Bagi kau yang sudah menikah, terlambat tiba bulan dapat menjadi tanda datangnya kehamilan. Karena selama kehamilan, perempuan tak akan mengalami menstruasi. Hanya saja, selain kehamilan, ada juga penyebab lain kenapa tiba bulan tersebut tiba terlambat. Adapun penyebab tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Stres

Penyebab pertama dari terlambat tiba bulan selain kehamilan yaitu stres atau depresi. Ketika seseorang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yaitu kortisol. Kelenjar adrenal yang memproduksi kortisol ini akan memberitahu otak untuk menunda ovulasi dan menarik semua hormon pendukung siklus menstruasi yakni estrogen juga progesteron. Karena stres, tiba bulan dapat terlambat dalam hitungan hari atau bahkan minggu.

Image by blogkesehatananda.blogspot.com

2. Perubahan berat badan 

Untuk penyebab kedua dari telatnya tiba bulan yaitu perubahan berat badan. Bertambahnya juga berkurangnya berat tubuh dapat menjadi penyebab dari telatnya tiba bulan. Kenapa hal ini dapat terjadi? Apabila perempuan yang mempunyai BMI di bawah 19 cenderung untuk sering terlambat tiba bulan alasannya lemak di tubuh terlalu sedikit. Sementara estrogen yang ada di lemak membantu untuk menyeimbangkan hormon biar jadwal tiba bulan jadi teratur.

3. Olahraga terlalu berlebihan

Olahraga memang baik untuk tubuh. Namun jikalau dilakukan terlalu hiperbola atau dengan intensitas yang tinggi dapat menciptakan siklus menstruasi jadi tak teratur. Sebuah penelitian yang dilakukan di Sports Health pada tahun 2012 menemukan bahwa sebanyak 66 persen perempuan sering berolahraga berat akan mengalami keterlambatan menstruasi setiap bulannya. Olahraga yang berlebih tak hanya menciptakan siklus tiba bulan telat tetapi juga menciptakan kesehatan tubuh cukup terganggu.

4. Masalah Tiroid

Suatu kelenjar tiroid terletak di serpihan depan bawah dari leher yang berfungsi sebagai kelenjar endokrin fungsi dari kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang dikeluarkan ke dalam darah dan diangkut ke seluruh jaringan tubuh. Masalah atau kurang aktifnya kelenjar tiroid akan berdampak bagi kau menyerupai gampang kelelahan, sembelit, rambut rontok, serta keluarnya darah yang hiperbola ketika sedang tiba bulan. Apabila kau mengalami kelenjar tiroid yang terlalu aktif, maka akan menjadikan penurunan berat badan, detak jantung yang terlalu cepat, gelisah sampai sulit tidur, dan tidak teraturnya siklus tiba bulan.

Ladies, itulah beberapa penyebab dari terlambatnya tiba bulan selain kehamilan. Jadi, jangan panik ketika siklus menstruasi terlambat atau tidak teratur. Oh iya, selain penyebab di atas, penyebab lain yang juga menjadikan terlambatnya tiba bulan yaitu contoh makan yang jelek serta konsumsi obat-obatan tertentu.