Sunday 20 November 2016

Viral !! Tumbuhan Terkenal Di Indonesia Yang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Obat Atau Komestik

Indonesia semenjak usang telah dikenal mempunyai kekayaan sumber hayati yang begitu besar dan bermakna bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak. Di negeri yang terletak di daerah khatulistiwa ini tumbuh ribuan jenis tumbuhan yang berguna untuk obat. Tercatat, dari 40.000 tumbuhan obat, hampir 30.000 terdapat di tanah Nusantara ini. Dan, sekitar 7.000 di antaranya telah dimanfaatkan untuk pengobatan. Bahkan tak hanya untuk obat atau perawatan kesehatan, banyak sekali tumbuhan juga bisa dimanfaatkan untuk komestik atau perawatan kecantikan. Maka tidaklah salah kalau negeri kita ini dijuluki Negeri Tanaman Obat.

Tanaman berguna sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan pada awalnya diperkenalkan oleh nenek moyang kita secara turun menurun. Penggunaannya dimulai secara tradisional dan kian berkembang sehabis semakin banyak orang mengenal dan mencicipi khasiatnya. Meskipun sekarang telah banyak produk berupa obat atau komestik dalam kemasan modern, contohnya dalam bentuk pil, kapsul, krim. Namun cara-cara tradisonal masih tetap dilakukan, yaitu dengan merebus tumbuhan segar yang lalu disaring dan pribadi diminum.


1. Tomat

Tanaman asal Amerika daerah tropis ini gampang tumbuh di tanah subur Indonesia. Buahnya mempunyai banyak khasiat alasannya ialah mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, menyerupai vitamin C, B1, B2, karoten, juga asam sitrat, serta kalsium dan zat besi.

Buah tomat bersifat antiseptik, melancarkan kerja empedu dan enzim. Bisa dimanfaatkan sebagai obat demam, bronkhitis, asma, radang kulit, gangguan pencernaan, hepatitis, hingga wasir. Untuk kecantikan, daun tumbuhan tomat yang mengandung pektin, alkaloid, dan arbutin tomat sering dimanfaatkan untuk mendinginkan kulit wajah yang terbakar sinar matahari. Sedangkan buahnya bisa untuk meredakan jerawat.

 Indonesia semenjak usang telah dikenal mempunyai kekayaan sumber hayati yang begitu besar dan  Viral !! Tumbuhan Populer di Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat atau Komestik
Image by infokesehatan.wagumo.id

2. Wortel

Umbi wortel dikenal kaya akan kandungan beta karoten atau vitamin A. Karena itu wortel sering dipakai sebagai vitamin untuk kesehatan mata dan bisa untuk mengobati tekanan darah tinggi. Bagi ibu rumah tangga, wortel ialah materi masakan populer, alasannya ialah bisa diolah menjadi banyak sekali makanan, dari kue, jus, sup, lalapan, hingga pemanis steak. Untuk kecantikan, minyak wortel bisa dipakai sebagai materi anti-penuaan (antianging), alasannya ialah wortel bisa membentuk sel-sel kulit gres sehingga sanggup membantu mengurangi kerutan.

3. Padi

Tanaman padi dikenal luas di negeri kita, sebagai masakan pokok oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman semusim yang termasuk keluarga rumput-rumputan ini bahkan bermanfaat hampir semua bagian, dari akar, tangkai (merang), selaput biji (bekatul), hingga bijinya (beras).

Padi banyak mengandung karbohidrat, vitamin B, enzim lipase, diastase, dan fitase, juga glutelin, dekstrin. Biji padi atau beras selain dikonsumsi sehabis dimasak menjadi nasi, banyak dipakai untuk mengobat demam, diare, rematik, gondongan, hingga radang kulit. Selaput bijinya (bekatul) untuk obat penyakit beri-neri, gangguan pencernaan, dan sakit lambung. Merang atau tangkai yang sudah kering zaman dulu sering dimanfaatkan sebagai sampo.
4. Teh

Tanaman teh berasal dari daerah India bab utara dan Cina selatan. Di Indonesia, teh sanglah populer. Bahkan teh Indonesia juga dikenal hingga ke mancanegara. Teh termasuk banyak jenisnya, antara lain teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Bagian yang dipakai ialah daun muda atau pucuk daun. Teh mengandung tanin, protein, polifenol, kafein, dan mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi (anti-pembengkakan).

Maka teh selain diminum untuk sehari-hari, sering dipakai sebagai obat sakit kepala, diare, kencing manis, infeksi kanal pencernaan, kolesterol, dan sebagainya. Untuk kecantikan, teh dipakai sebagai sampo penyubur rambut, membersihkan karang gigi, dan di industri komestik sebagai materi krim melindungi kulit dari sengatan matahari (sunscreen).

5. Melati

Di Indonesia, melati sering dipakai sebagai tumbuhan pagar atau tumbuhan hias. Bunganya jenis tinggal, berkelompok di ketiak daun, umumnya berwarna putih. Banyak perempuan menyukai bunga melati alasannya ialah aromanya yang wangi. Namun selain itu, daun dan akarnya mempunyai khasiat antibengkak dan antiradang, maka bisa dipakai untuk mengobati radang sendi, kulit bengkak, juga untuk meningkatkan daya piker serta afrodisiak. Sedangkan untuk kecantikan, minyak bunga melati sering dimanfaatkan sebagai materi pewangi dan adonan penyegar kulit wajah.

6. Ketumbar

Tumbuhan ini berasal dari Eropa selatan dan daerah Laut Kaspia, namun bisa tumbuh subur di tanah Indonesia, baik di dataran rendah maupun tinggi. Bijinya berupa butiran-butiran kecil menyerupai lada, tapi ukurannya lebih kecil, beraroma menyengat yang khas. Biji ketumbar sering dipakai sebagai materi masakan, sedangkan daunnya untuk adonan sup atau salad. Ketumbar mempunyai sifat diuretik, antiinflamasi, antioksidan, antijamur. Maka bisa dipakai untuk mengatasi influenza, sakit kepala, sariawan, radang hati, haid tidak teratur, hingga tekanan darah tinggi. Untuk kecantikan, minyak ketumbar dipakai sebagai materi untuk pewangi.