Friday 18 November 2016

Viral !! Mengapa Kita Tidak Dapat Mengingat Insiden Waktu Bayi? Berikut Ulasannya

Kita mengingat hampir semua kejadian baik maupun jelek yang terjadi pada kita ketika menginjak fase anak-anak, remaja dan dewasa. Mulai dari momen mengadakan pesta, merayakan ulang tahun, momen masuk pertama sekolah, dan pertama diterima kerja. Namun sekuat apapun ingatan kita, sama sekali tak ingat memori atau kenangan apa-apa ketika bayi. Mengapa demikian?

Hal ini merupakan hal yang dipusingkan oleh ilmuwan selama bertahun-tahun. Pasalnya ketika kita bayi yakni momen paling dramatis dalam hidup kita ketika gres lahir hingga langkah pertama, kata-kata pertama, makanan pertama, dan banyak sekali momen pertama lainnya. Tapi sebagian besar orang tidak bisa mengingat hal semacam ini jadi hal yang besar bagi para ilmuwan.

Kekosongan dalam rekaman kehidupan kita ini menciptakan putus asa para orangtua dan menciptakan bapak psikoterapi dunia, Sigmund Freud, hingga kebingungan. Alhasil, beliau menciptakan istilah sendiri terhadap hal ini, yaitu 'amnesia bayi'. Fase ini telah diungkapkan lebih dari 100 tahun lalu.

 Kita mengingat hampir semua kejadian baik maupun jelek yang terjadi pada kita ketika meng Viral !! Mengapa Kita Tidak Bisa Mengingat Kejadian Waktu Bayi? Berikut Ulasannya
Image by plengdut.com

Berbagai penelitian telah dilakukan pada bayi. Namun para ilmuwan justru menemukan sebagian teka-teki ini bersumber dari fakta bahwa bayi justru sangat baik dalam hal mendapatkan gosip baru. Tiap detik, bayi membentuk 700 koneksi saraf gres dan menajamkan kemampuan berbahasa hingga bisa menciptakan iri seorang polyglot (orang yang bisa menguasai banyak bahasa). Ditemukan juga bahwa bayi sudah mulai berguru ketika ia masih berada di dalam rahim.
Penelitian berlanjut pada orang remaja yang dilakukan oleh psikolog berjulukan Qi Wang dari Cornell University. Sang Psikolog menyampaikan bahwa ketika kita dewasa, gosip sering hilang atau terlupakan alasannya yakni tidak ada upaya untuk mempertahankannya. Tapi, apabila kita memiliki pengalaman unik di usia muda, itu akan terus teringat.

Terdapat sebuah teori lain yang lebih pas untuk duduk perkara hal ini: otak bayi ternyata belum berkembang dengan baik dan jaringan untuk mengingat masa itu belum terbentuk secara sempurna. Teori ini bermula dari pasien berjulukan Henry Molaison yang hippocampus di otaknya rusak alasannya yakni operasi epilepsi. Hal ini menciptakan Henry tidak bisa mengingat apapun. Dia dikenal sebagai 'manusia tanpa memori'.

Karena teori yang muncul tidak sengaja ini, menciptakan neurosains sebagai sejarah fenomena besar, Walaupun HM, julukan Henry, tak punya memori, HM bisa mempelajari banyak sekali informasi. HM sama ibarat bayi, yang mendapatkan gosip dengan baik tapi sama sekali tak bisa diingat. Maka satu klarifikasi yang muncul amnesia bayi terjadi alasannya yakni proses alami melupakan banyak sekali pengalam yang kita miliki sepanjang hidup.