Thursday 3 November 2016

Viral !! Sejarah Munculnya Mayones Yang Melengkapi Citarasa Masakan

Selain saus sambal, saus berwarna putih ini seringkali dijadikan sebagai materi cocolan untuk penambah kelezatan citarasa hidangan, terutama kuliner yang berasal dari negara barat.

Mayonnaise atau seringkali disebut dengan mayo atau mayones ialah salah satu jenis saus yang terbuat dari materi utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Umumnya dipakai sebagai perasa pada kuliner menyerupai selada atau roti lapis. Namun, tak jarang mayo juga dipakai sebagai materi cocolan untuk sajian gorengan seperti nugget atau sosis yang digoreng.

Seperti yang dipakai di Amerika Utara, mayones dijadikan materi olesan untuk roti lapis atau sandwich. Sedangkan di wilayah Eropa, mayones lebih banyak dipakai sebagai saus untuk menyantap kentang goreng. Di Asia, lebih khususnya di Jepang, mayones dipakai sebagai saus banyak sekali macam kuliner seperto okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, ebi furai dan pizza.

Di Perancis, mayones bahkan dipakai sebagai sobat makan telur rebus atau sajian ayam dingin. Di sana, saus putih ini memang banyak dipakai sebagai materi dasar menciptakan beraneka saus cuek dan dressing.

Asal Mula Mayonnaise Dimulai Dari Negara Prancis

Mayones pertama kali dipakai dalam buku kuliner berbahasa Inggris pada tahun 1841. Saus yang konon diciptakan oleh Chef Prancis berjulukan Louis Francois Armand du Plessis, duc de Rechelieu pada tahun 1756 ini dibentuk untuk merayakan kemenangan Prancis meebut pelabuhan Mahon, ibu kota Minorca di kepulauan Balearic. 

Sebelum kesudahannya mayones diproduksi secara masal di Amerika Serikat pada tahun 1900-an, setiap orang yang ingin menikmati sajian dengan saos mayo ini harus membuatnya sendiri. Hingga ketika ini, mayones berlabel Best Foods menjadi penguasa pasar mayones di pantai barat dan timur Amerika Serikat.

Sementara di bab tenggara Amerika Serikat, mayones buatan Nyonya Euginia Duke sangat populer dan menjadi satu-satunya produk andalan yang dijual oleh perusahaan tersebut. Hingga kini, Duke's Mayonnaise menjadi satu-satunya mayones Amerika yang tidak mengandung gula.

Di Jepang, mayones dibentuk dengan citarasa yang berbeda dari produk mayones Amerika. Mayones Jepang dibentuk dari cuka beras dan dijual bukan dalam toples, melainkan dari plastik tipis tembus pandang yang dapat dipencet atau tube. Memang di Jepang, mayones cukup digemari. Hampir seluruh orang Jepang menambahkan mayones ke dalam semua makanan.