Friday 9 December 2016

Viral !! Berdasarkan Bmkg, Ini Pemicu Gempa Bumi 6,5 Sr Yang Menguncang Aceh

Tanah Rencong kembali diguncang gempa Rabu (7/12). Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR ini berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 05.03 WIB, dengan sentra gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT. Masyarakat sempat panik akhir guncangan dasyat selama 15 detik tersebut.

Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, bahwa gempa dengan kedalaman 15 km ini tidak mimucu tsunami. Sutopo menjelaskan guncangan besar lengan berkuasa terjadi di kawasan Meukorumpuet, Meukobrawang, Meukopuue, Busugan, Pangwabaroh, Pahteraja, Pohroh, dan Angkieng.

Seluruh Wilayah itu, berdasarkan Sutopo, diperkirakan berpotensi mengalami imbas gempa bumi berupa kerusakan ringan ibarat retak dinding, atap rumah bergeser dan rumah roboh. Sementara ada 10 ruko roboh, 4 rumah roboh, beberapa tiang listrik bahkan ambruk di Pidie Jaya. Untuk jumlah korban dan kerugian materiil masih belum diketahui.

Image by cnn.com

BMKG Mochriyadi turut berbicara mengenai asal-usul gempa yang terjadi di tanah Aceh kini ini. Menurut dia, dugaan besar lengan berkuasa sesar aktif yang menjadi pemicu gempa bumi ini ialah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur.

Belum habis, hasil monitoring BMKG menawarkan sampai pukul 05.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak lima kali dengan kekuatan 4,8 SR. Karena hal ini. Riyadi meminta masyrakat biar tetap hening dan ikuti kode BPBA setempat serta tidak terpancing gosip yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa bumi tersebut eksklusif menjadi perhatian netizen di media umum ibarat Twitter, Facebook, Line dan Instagram. Aceh eksklusif menajdi trending topic di Indonesia. Banyak netizen mendoakan biar Aceh tetap aman.

Mohon doanya untuk sahabat-sahabat di sana.