Monday 24 October 2016

Viral !! Anak Bersifat Keras Kepala Mempunyai Masa Depan Yang Cerah Cemerlang!

Adakalanya seseorang anak selalu ingin keinginan atau pendapat pribadinya selalu ditanggapi. Padahal orangtua tak oke dengan hal itu. Jadi, mesti bagimana?

Ketika si Kecil diajak pergi ke suatu usul pernikahan, ia berkeinginan menggunakan kaus bergambar kartun favoritnya. Padahal, orangtua sudah menyiapkan beberapa alternatif kostum yang lebih cocok untuk dikenakan ke program itu. Walau sudah diberi tahu, tetap saja ia higienis keras dengan pilihannya. Pernah mengalaminya?

Tak terkecuali, hal-hal kecil pun bahkan bisa menjadi dilema besar dan berakhir dengan 'pertengkaran' antara orangtua, terutama ibu dan anak. Tak sedikit orangtua yang kemudian melabel dengan sebutan anak bandel, suka menantang aturan, sulit diatur, suka melawan atau anak keras kepala.

Sikap itu umumnya ditunjukkan anak usia 2 hingga 5 tahun. Iini yaitu fase dimana anak sangat alami pada masa pertumbuhan kejiwaan anak. Ia berada pada fase dimana mulai menyadari bahwa dirinya yaitu langsung yang independen dari orang-orang remaja terutama orangtuanya.

Ada beberapa kemungkinan faktor pemicu yang menciptakan anak berprilaku keras kepala, diantara adalah:
  • Bisa jadi anak menggandakan sikap atau perbuatan orangtuanya yang juga keras kepala atau boleh jadi anak sering menyaksikan orangtuanya bertengkar.
  • Orangtua selalu memanjakan, terlalu menawarkan apa yang diinginkannya. Akibat dari sikap hiperbola orangtua terhadap anak menyerupai itu, suatu dikala keinginan tersebut tidak dipenuhi, anak akan memprotes dan melawan.
  • Kurangnya ikatan kasih sayang dan pengertian dari orangtua.
  • Orangtua terlalu membiasakan anak patuh terhadap sesuatu secara fanatik.
  • Anak terlalu sering disuruh mengalah, tanpa memberi pengertian yang sanggup membuatnya mengerti
Pribadi Bersemangat

Terlepas dari label negatif yang disandang sang 'anak sulit' ini, bahu-membahu menyerupai itu yaitu langsung yang bersemangat dan berani. Ia mempunyai integritas yang tak gampang berombang-ambing. Ya, niscaya ada sisi baiknya.

Ketika ia menginginkan sesuatu, ia berupaya keras untuk mendapatkannya dan mempunyai keyakinan untuk mempu meraihnya. Bisa dibilang anak menyerupai ini yaitu anak yang bersemangat tinggi. Namun orangtua juga harus ingat, jikalau anak usia ini menentukan keinginannya sendiri dan merasa bertanggung jawab akan dirinya sehingga tidak suka diatur.

Anak bisa tumbuh menjadi sosok yang hebat, bisa memotivasi sendiri dan terarah bila orangtua mengasuhnya dengan sensitif. Ia mengejar impiannya dan hampir selalu tahan banting terhadap tekanan teman sebaya. Selama orangtua menahan diri untuk tidak mematahkan keinginannya maka anak berkemauan keras menjadi pemimpin.

Tak hanya itu, anak yang berkemauan keras seringkali ingin berguru sendiri daripada menuruti apa yang orang lain katakan. Ia sangat ingin bertanggung jawab dalam urusannya dan kadang ingin merasa benar di atas segalanya. Dan juga anak menyerupai ini mempunyai integritas sehingga tidak gampang goyah dalam pendiriannya.